Ideini.Com | Situs Informasi Terkini!

Situs Media Informasi Online Yang Berisi Info Info Menarik, Terbaru dan Terhangat | Entertaiment | Teknologi | Olahraga | Hiburan

Ascariasis Lumbricoides, Cacing Berukuran Besar Yang Dapat Berkembang Biak Didalam Tubuh Manusia


www.AstroDigi.com

Ascariasis Lumbricoides, adalah salah satu jenis cacing gelang yang mampu berkembang biak didalam tubuh manusia, berukuran besar seperti halnya cacing pita, namun dapat berkembang biak lebih pesat didalam usus besar.


www.AstroDigi.com

Dalam sehari seeekor cacing betina jenis ini mampu menghasilkan lebih dari 200.000 telur. Bayangkan apabila didalam usus besar terdapat ratusan atau bahkan ribuan cacing betina, tentu akan terlahir jutaan cacing baru hanya dalam beberapa hari saja.

70% dari cacing tersebut biasanya ikut terbuang bersama dengan tinja, dan 30% tumbuh dan berkembang menjadi cacing dewasa didalam tubuh.
Cacing Ascariasis di saluran pencernaan


Seekor cacing jantan dewasa dapat memiliki panjang hingga 30 cm sedangkan cacing betinanya dapat tumbuh lebih panjang, hingga mencapai 40 cm.
Hasil foto ultrasonic rontgent cacing yang bersemayam di kandung kemih


Karena telur-telur cacing yang berukuran kecil bisa terbawa bersama saluran pencernaan maupun peredaran darah maka, telur-telur cacing ini dapat terbawa kebagian tubuh mana saja.
Hasil foto ultrasonic rontgent cacing yang bersemayam di paru-paru


Dan setelah menetas cacing tersebut dapat tumbuh dan berkembang biak dimana saja didalam tubuh korbannya. Para petugas medis yang pernah menangani pasien korban Ascariasis mendapati cacing tersebut bersemayam di usus, lambung, paru-paru, hati, tenggorokan, hidung dan saluran pernafasan dan bahkan juga jantung.

Untuk mendapatkan oksigen yang lebih banyak biasanya cacing merambat mencari jalan keluar. Ia bisa keluar lewat anus dan kadang terbawa bersama tinja, keluar lewat hidung, telinga maupun mulut.

Pemandangan cacing dewasa yang keluar lewat mulut, hidung, telinga atau bagian lagi diwilayah kepala ini menyajikan pemandangan yang sangat mengerikan bagi yang melihatnya.
Cacing keluar dari mulut dan hidung korban


Penderita yang terinfeksi cacing biasanya akan merasa demam yang perlahan makin tinggi, rasa mual dan kembung di lambung, serta rasa terbakar pada organ tubuh dimana cacing bersemayam.

www.AstroDigi.com


Ribuan hingga jutaan cacing didalam lambung juga mengakibatkan perut korban tampak membuncit, hal ini biasanya merupakan salah satu indikasi lain selain demam berkepanjangan, bahwa korban menderita serangan cacing Ascariasis.

Telur cacing berukuran mikro yang terbuang dalam jumlah ratusan ribu hingga jutaan bersama dengan tinja, setelah mengering dapat terbang sebagai debu terbawa angin.

Telur cacing yang tertelan kembali ini dapat kembali menginfeksi manusia. Sehingga dalam lingkungan yang tidak terjaga dan terkendali kebersihannya mata rantai kehidupan cacing Ascariasis ini sulit untuk diputuskan.

Untuk memutuskan mata rantai perkembang biakkan Ascariasis, selain pengobatan bagi penderita, juga sangat penting pengendalian sanitasi yang sangat baik. Mulai dari ventilasi, cara penyediaan, pengolahan dan penyimpanan makanan, serta kebersihan ruangan serta pakaian.

Oleh karenanya tidak mengherankan cacing ini biasanya tumbuh subur di wilayah dengan tingkat kesadaran akan kebersihan yang rendah, yang biasanya berada di wilayah berpenduduk miskin dan berpendidikan rendah.

Masyarakat miskin Afrika, adalah salah satu tempat dimana cacing jenis ini banyak ditemukan, biasanya hidup di lingkungan kotor, berdebu dan penyediaan air bersih yang minim

Mereka biasanya juga melakukan buang hajat langsung di sungai dan ditempat yang digunakan secara umum, sebenarnya juga merupakan sumber air minum mereka juga. Hal ini membuat mata rantai kehidupan cacing ini menjadi meluas.

Karena populasi cacing Ascariasis ini diseantero dunia, selayaknya Anda ikut mewaspadai agar tidak terjadi wabah Ascariasis di wilayah anda. Oleh karenanya selalu, biasakan mencuci tangan sebelum makan dan minum. Makan hanya makanan yang telah diolah dengan bersih dan telah masak.

Semoga artikel ini dapat menyadarkan pembaca mengenai pentingnya menjaga kebersihan, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan makan dan minum.

Lihat Video Berikut :

Belum ada komentar untuk "Ascariasis Lumbricoides, Cacing Berukuran Besar Yang Dapat Berkembang Biak Didalam Tubuh Manusia"

Posting Komentar