Ideini.Com | Situs Informasi Terkini!

Situs Media Informasi Online Yang Berisi Info Info Menarik, Terbaru dan Terhangat | Entertaiment | Teknologi | Olahraga | Hiburan

Praktek Bongkar Laptop (Aspire 4740)

Saya besekolah di smkn1 pangkalan kerinci, pada tahun ini materi kopetensi untuk teknik kommputer adalah merakit laptop, jadi pada postingan kali ini saya akan menceritakan pengalaman dan proses pembongkaran laptop yang saya lakukan yaitu laptop saya aspire 4740. Yang pertama kali kita lakukan yaitu, menyiapkan peralatan yang akan saya gunakan unutuk melakukan pembongkaran, seperti:
   Obeng , di gunakan untuk membuka baut pada komponen
·        Sketsa letak baut, digunakan agar kita mudah memasang kembali baut baut yang kita lepas.
    Setelah peralatan ada barulah kita dapat memulai pembongkaran tersebut. Pada pembongkaran kali ini yang perlu di ketahui adalah bagaimana kita membuka hardisk dan memori, karena biasanya masalah yang sering terjadi terletak pada 2 komponen tersebut, sehingga kita bisa melakukan penggantian komponen sendiri tanpa harus pergi ke tempat servis computer.
    Ok,,setelah setelah semua siap, yang pertama kali saya lakukan adalah mencabut kabel charger dan batrey, agar tidak ada aliran listrik di dalam laptop.
    Setelah itu, barulah saya melakukan pelepasan baut pada penutup hardisk dan memori. Harus pelan pelan dan mengguanakan obeng yang sesuai agar baut nya tidak dol. Lalu barulah saya buka penutup bagian tersebut.

    Setelah terbuka barulah saya melepas komponen hardisk dan memori, pertama tama saya tidak tahu bagaimana cara melepas hardisk dan memori, tapi karena ada bantuan dari teman saya irfan, jadi saya dapat melakukan pelepasan itu. Yaitu dengan cara untuk hardisk di tarik kebelakang, dan untuk memori di buka dulu penjepitnya dan di tarik, dan akhirnya semua komponen itu terlepas.







    Setelah selesai membuka Hardisk dan Memori, lau saya mencoba untuk membuka keyboard laptop saya. Pekerjaan ini agak sulit, karena saya belum tahu di mana letak pengait keyboardnya, sehingga harus mencoba membuka dengan hati hati. (taku patah..hehehe). Setelah di coba terus menerus akhirnya ketemu juga letak pengaitnya yang pertama, yaitu si sebelah pojok kanan atas, dari situlah saya memulai membuka 1 per 1 pengait, agak takut juga, karena saat setiap pengaitnya terbuka, pengait itu mengeluarkan suara yang keras, seperti patah gitu. Tapi akhirnya semua pengait itu pun terlepas, dan saya membuka konektor keyboard yang terhubung ke mainboard yang ada di bawah keyboard tersebut, bentuknya seperti pita, dan karena belum tau cara melepas yang benar, ya saya tarik aja,, untung nggak putus hehe, ternyata cara melepasnya harus di tarik ke atas dulu bagian penjepitnya, barulah di tarik konektornya.








    Setelah saya selesai, ternyata milik irfan teman saya ini belum juga bisa terlepas, jadi saya membantu di melepaskan keyboard tersebut, dia juga agak takut saat pengait keyboardnya di lepas dan berbunyi keras, tapi saya bilang nggak papa tu. Dan akhirnya keyboard milik dia pun bisa terbuka. Tapi setelah inilah moment yang buat saya dan irfan teman sya ini jantungan, yaitu saat membuka konektornya, yaitu dengan di tarik, pertama agak susah, tapi setelah di coba terus akhirnya terlepas juga, tapi ketika terlepas terdengar suara yang agak keras jadi saya takut kalau konektornya putus, tapi saya pura pura tenang untuk menenangkan irfan yang takut, padahal saya juga udah deg deg kan hehe, tapi ternyata konektornya tidak papa, kami berduapun lega.





    Setelah membuka keyboard, saya penasaran dengan isi dalam laptop saya, lalu saya mencoba membongkar casing luar untuk mengetahui isi dalam laptop saya.

    Ternyata untuk membuka laptop saya ini sangat sulit karena terdapat banyak baut baut yang harus di lepas, dan itu mungkin belum bisa saya lakukan, dan setelah saya tanyakan kepada guru yang membinmbing, yaitu pak.Jun dan pak.Hy saya di suruh memasang kembali, karena untuk laptop saya ini cukup banyak baut, sehingga mungkin sulit untuk di buka. Dan setelah semua komponen dan baut di pasang kembali lalu saya mencoba menghidupkan laptop saya(sambil berdoa), tapi laptop saya tidak hidup, dah mulai stress ni, setelah di coba coba dan di cek, ternyata batreynya belum di pasang.hffftt,,lalu saya pasang batreynya dan ternyata bisa hidup. Berhasil Deh.

    Itulah tadi cerita saya mengenai pembongkaran laptop yang di lakukan pada hari senin 23-Mei-2011, semoga cerita ini bisa di terima dan bermanfaat bagi para pembaca. Setelah baca jangan lupa kasih komentar y.

    9 komentar untuk "Praktek Bongkar Laptop (Aspire 4740)"

    1. wah seru ya sob bongkar daleman laptop, ane juga pernah bongkar laptop buat ganti batrei cmos

      BalasHapus
    2. ZONA DOWNLOAD GRATIS# hehe,,kyk ane pas baru pertama ya dag dig dug, takut salah salah trus kagak bisa hidup, tapi sekarang ya udah lancar bongkar pasangnya..

      BalasHapus
    3. wahhhh seru ceritanya punyaQ aspire 4736Z pengen coba2 bongkar tapi takut

      BalasHapus
    4. Zh!nTho# hehe,,kalau kagak ada yang bermasalah mending kagak usah di bongkar deh sob, ntar malah jadi masalah,,heheh

      BalasHapus
    5. Wow Amazing sob.Pingin nyoba tapi masih takut hehehe.Dag dig duer..

      BalasHapus
    6. Bisnis Online Blog# Heheh,,makasiih sob kunjunganay :D

      BalasHapus
    7. klo bongkar mah saya juga bisa, tpi klo masang mah ga bisa. wkwkwk =))

      BalasHapus
    8. pwngalaman yang menarik pastinya sob...membongkar laptop sendiri dengan berbagai pkendala-kendala, wah dapat guru terbaik nie kamu?? *pengalaman :D

      BalasHapus
    9. saya pernah bongkar laptop karena ada masalah di keyboard, pas dipasang lagi malah layarnya blank.. jadi gak berani lg sekarang bongkar laptop. he..

      BalasHapus